Tuesday 1 December 2015

Pengertian Dan Prinsip Dasar Kerja MCB


Prinsip Kerja MCB - MCB(Miniature Circuit Breaker) adalah salah satu perangkat kelistrikan yang berfungsi sebagai pengaman saat terjadi short atau konsleting dengan memutuskan aliran listrik dalam rangkaian,cara ini mirip dengan cara kerja sekering hanya saja lebih canggih,aman dan effisien.MCB ini terbagi menjadi dua golongan yaitu satu phase dan 3 phase. Untuk 3 phase terdiri dari tiga buah pemutus aliran listrik yang disusun menjadi satu kesatuan. saat terhubung maka terminal masukkan den keluaran akan terhubung.


MCB memiliki cara yang berbeda dengan relay meskipun sama sama menggunakan koil,MCB bekerja dengan cara pemutusan hubungan yang diakibatkan oleh aliran listrik melebihi kapasitas dengan menggunakan electromagnet/bimetal.

prinsip kerja dari MCB ini adalah memanfaatkan pemuaian dari bimetal yang panas akibat arus yang mengalir untuk memutuskan arus listrik. Kapasitas MCB menggunakan satuan Ampere (A), MCB tersedia dipasaran dengan kapasitas dari 1A, 2A, 4A, 6A, 10A, 16A, 20A, 25A, 32A dll.

Untuk mendaptkan fungsi yang sesuai MCB yang digunakan harus memiliki logo SNI sebagai standart perangkat pengaman kelistrikan. untuk mendapatkan gambaran yang jelas bagaimana prinsip kerja MCB,silahkan perhatikan gambar bagian bagian di bawah ini


Penjelasan Gambar
  1. Actuator Lever atau toggle switch /tuas, digunakan sebagai Switch On-Off dari MCB. Juga menunjukkan status dari MCB, apakah dalam kondisi ON atau OFF. 
  2. Switch mekanis yang membuat rangkaian terhubung dan arus listrik bekerja.
  3. Kontak arus listrik sebagai penghubung dan pemutus aliran arus listrik. 
  4. Terminal kabel listrik dengan MCB. 
  5. Bimetal, yang berfungsi sebagai thermal trip 
  6. Baut untuk kalibrasi pabrikan untuk adjustment/setting arus trip dari MCB setelah pabrikasi hanya bisa dilakukan oleh pabrikan
  7. Coil atau lilitan yang berfungsi sebagai magnetic trip dan bekerja bila terjadi hubung singkat arus listrik. 
  8. Pemadam busur api sebagai pengaman jika terjadi percikan api saat terjadi pemutusan atau pengaliran kembali arus listrik.
Pada gambar diatas dapat ditarik kesimpulan prinsip kerja dibagi menjadi 2 berdasarkan komponen penyusunanya.
  • Komponen Bimetal - Prinsip kerjanya berdasarkan pada pemuaian atau pemutusan dua jenis logam yang memiliki koefisien jenisya berbeda. Kedua jenis logam tersebut digabungkan (bimetal)dan dihubungkan dengan kawat arus khusus. ketika arus yang melalui bimetal tersebut melebihi arus nominal yang diijinkan maka bimetal tersebut akan melengkung sehingga aliran listrik terputus. 
  • Komponen elektromagnetik ; Prinsip kerjanya adalah memanfaatkan arus hubung singkat yang cukup besar yang memicu koil bersifat magnet. Semakin besar arus hubung singkat, maka semakin besar pula daya untuk menggerakkan sakelar tersebut sehingga lebih cepat memutuskan rangkaian listrik dan actuator lever dalam posisi jatuh atau off .Busur api yang terjadi masuk ke dalam ruangan yang berbentuk pelat-pelat, untuk selanjutnya dipisahkan didinginkan dan dipadamkan dengan cepat
0 Komentar untuk "Pengertian Dan Prinsip Dasar Kerja MCB"